Pengembangan Teknologi Android Terbaru

Teknologi Android Terbaru – Bagi anda yang lahir sebelum tahun 2000, pasti akan sangat merasakan perubahan teknologi untuk ponsel di dunia. Yang berawal dari telepon rumah yang besar, berkembang ke ponsel sebesar telapak tangan, kemudian ketika muncul ponsel yang lebih kecil pasti sudah merasa bahwa itu adalah ponsel tercanggih yang pernah ada. Nyatanya, itu belum ada apa-apanya dibandingkan dengan ponsel yang ada di masa kini. Yang dahulu ponsel dilengkapi dengan kamera sudah sangat ‘wah’, kini kamera saja sudah bukan hal yang diunggulkan. Dahulu ponsel dengan bluetooth sudah menjadi idola, kini bluetooth sudah hampir benar-benar ditinggalkan.

 

Hingga muncul ponsel dengan layar sentuh yang menggemparkan dunia, dan semakin membuat dunia tercengang dengan ponsel pintar berbasis android. Android sudah mulai menguasai dunia teknologi komunikasi sejak lebih kurang 8 tahun terakhir, dan terus-menerus mengalami pembaharuan teknologi android yang semakin canggih dan tidak pernah diduga oleh orang zaman dahulu.

 

os android oreo

 

Kecanggihan ponsel android biasa diukur dari operating system (OS) yang digunakan. OS terbaru yang dimiliki Android bernama Oreo. Android yang dibekai dengan OS Android akan dijanjikan memiliki fitur-fitur yang akan membuat penggunanya nyaman ketika mengakses ponselnya. Jika sebelumnya yang paling canggih adalah OS Nougat pengganti dari OS Marshmallow, maka kini Oreo adalah penerima estafet dari OS berinisial N ini.

 

Ada beberapa fitur pada android Oreo yang belum dimiliki oleh OS sebelumnya, yaitu seperti yang di bawah ini :

 

– Dilengkapi dengan fitur Background Limit

Fitur ini memungkinkan efisiensi penggunaan baterai pada ponsel dan  bateraipun akan menjadi lebih irit dari sebelumnya. Fitur ini bekerja dengan meminimalisir pekerjaan ponsel di latar belakang yang dipasang.

 

– Notification Dots

Fitur ini membantu pengguna dalam menyortir pemberitahuan yang belum dibaca, sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengetahui hal-hal enting tanpa ada yang terlewat. Akan ada simbol titik yang berada di atas apikasi yang memiliki notifikai baru yang belum terbaca.

 

– Android Instant Application

Jika pada umumnya untuk mencoba aplikasi harus terlebih dahulu mengunduh di google play, maka android oreo tidak perlu melakukannya. Jadi, untuk pengguna yang ingin mencoba aplikasi baru, hanya tinggal menggunakan android instant application untuk mencoba kinerja dari aplikasi yang diinginkan sehigga akan menghemat data iternet dan menghemat memori pada ponsel.

 

– NAN ( Neighborhood Aware Networking )

Fitur ini dapat berfungsi sebagai media untuk bertukar data seperti Bluetooth, namun dengan jarak yang lebih besar dan kecepatan yang tinggi. Fitur ini dapat digunakan untuk sesama ponsel yang mendukung fitur NAN. Fitur ini dibantu dengan pengaktifan wifi pada kedua ponsel untuk pertukaran data.

 

– Emoticon yang lebih lengkap

Fasilitas ini tentu akan didukung oleh anak muda masa kini yang senang menggunakan emoticon dalam berinteraksi di media sosial. Di Android Oreo, emoticon yang dipasang akan jauh lebih banyak dan lebih komunikatif daripada emot sebelumnya, dan akan membuat komunikasi menjadi lebih berwarna lagi.

 

Itulah beberapa kelebihan Android oreo yang menjadi teknologi terbaru android untuk saat ini, dan akan sangat ungkin dikembangkan lagi dalam OS setelah oreo. Dengan pesatnya perkembangan teknologi android akan semakin membuat dunia teknologi berwarna dalam hal komunikasi. Android akan semakin laris dalam penjualan, dan konsumen pun akan terus mengikuti perkembangan terus-menerus yang selalu ada pada android.