Inilah Teknologi Terbaru Bidang Pertanian yang Harus Diketahui

Teknologi Pertanian – Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris atau negara pertanian sudah sepantasnya memiliki terobosan baru dalam hal pertanian. Tidak hanya dalam bidang teknologi gadget saja, pertanian pun juga memiliki teknologi yang semakin mumpuni seiring berjalannya waktu. Pemerintah Indonesia  terus membuka pintu bagi siapa saja yang memiliki terobosan baru dalam bidang pertanian yang dapat meningkatkan angka produksi pertanian Indonesia.

 

Dan sekarang, sudah banyak anak muda yang berani mengeluarkan idenya dalam bentuk pembaharuan teknologi yang memiliki sumbangsih tinggi terhadap dunia pertanian di Indonesia. Teknologi-teknologi ini tidak lepas dari segala penelitian yang membangun dan dijadikan menjadi satu kembangan alat yang membantu kelangsungan produktifitas pertanian.

 

Perkembangan teknologi di dunia pertanian tidak akan pernah terlepas dari sorotan awak media, yang membuat masyarakat Indonesia gembira ketika membacanya. Di bawah ini adalah beberapa teknologi tersebut :

 

Penanam Padi Jarwo

Dari namanya saja sudah jelas bahwa alat ini adalah terobosan yang asli milik Indonesia, tanpa ada bantuan campur tangan dari negara lain. Alat ini merupakan teknologi yang digunakan untuk menanam padi dengan mengatur jarak penanaman padi satu dengan yang lainnya. dengan jarak yang diciptakan ini, telah diteliti dan ternyata memang mampu meningkatkan produk yang ditumbuhkan sebanyak 30 persen dari produk yang sebelumnya.

 

ujicoba alat penanam padi jarwo

 

Alat ini telah menjadi inovasi yang mendapat rekomendasi dari Litbang Pertanian Indonesia. Nama unik ‘Jarwo’ ini bukan tanpa arti. Nama ini merupakan akronim atau singkatan dari  jajar legowo. Awal mula diproduksi di Jawa Timur, alat ini telah diakui secara nasional dan kini dapat digunakan oleh seluruh petani di Indonesia.

 

Pengering Kedelai Brangkasan

Kalau yang sebelumnya adalah alat dalam bidang penanaman, maka yang ini adalah alat untuk hasil produksinya. Kedelai yang memiliki protein tinggi dapat menurun nilai gizinya jika mendapat keterlambatan proses pengeringan. Hal ini dapat menurunkan nilai mutu dari kacang kedelai. Oleh karena itu, salah satu anak Indonesia bernama I Ketut Tastra memberikan ide terbosan baru untuk alat bernama Pengering Kedelai Brangkasan.

 

Alat ini  memiliki beberapa komponen yang mendukung percepatan pengeringan kedelai agar terjaga mutu dan kualitasnya, dengan dibekali kompor yang dijadikan sebagai alat sumber panas untuk terobosan ini. Selain kompor, alat ini juga dilengkapi blower yang berfungsi sebagai alat yang menghembuskan udara panas. Diketahui, alat ini dapat meningkatkan efisiensi pengeringan kedelai yang biasanya dikeringkan dalam waktu 8 hari, dapat mengering hanya dalam 1 hari saja dengan menggunakan alat ini.

 

Alat Pemanen Padi Indo Combine Harvester

Alat ini juga merupakan alat rekomendasi dari Litbang pertanian indonesia. Alat ini digunakan untuk memanen padi dengan cepat. Untuk sawah dengan ukuran 1 hektar dapat dipanen padinya hanya dalam jangka waktu 4 hingga 6 jam secara efektif dan tetap menjaga kualitas padi.

 

indo combine harvester

 

Sudah saatnya Indonesia semakin bangkit dalam bidang apapun, terutama pertanian. Dengan adanya alat-alat yang membantu seperti di atas akan dapat meningkatkan daya produksi Indonesia dalam hal pertanian. Peran pemuda tidak akan pernah lepas dari perkembangan teknologi pertanian yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Masih banyak inovasi – inovasi lain dalam bidang pertanian, dan akan terus mengharapkan bantuan dari pemikiran pemuda Indonesia yang melek terhadap pertanian Indonesia untuk mengambil andil dalam peningkatan mutu pertanian negara.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn