Berikut Ini Manfaat Teknologi Terbaru Bidang Peternakan dan Beberapa Contohnya

Teknologi Peternakan – Berbicara mengenai perkembangan teknologi memang tidak ada habisnya. Berbagai hal penting bagi manusia selalu mengalami perkembangan termasuk digunakannya teknologi teknologi terbaru dalam sektor tersebut. Salah satu yang menarik perhatian adalah penggunaan teknologi terbaru pada bidang peternakan. Di negara negara barat yang masih mengandalkan sektor peternakan seperti Amerika Serikat contohnya, menggunakan teknologi teknologi peternakan terbaru yang sangat maju.

 

Tidak hanya sebatas itu saja teknlogi tersebut juga membuat pekerjaan di sektor tersebut semakin efektif dan efisien. Selain membuat pekerja semakin mudah, setiap kehadiran teknologi terbaru juga harus mampu menambah nilai dan kapasitas produksi. Hal ini diperlukan mengingat penggunaan teknologi tersebut pasti akan menelan biaya tambahan yang tidak sedikit. Mungkin beberapa teknologi ini jika lebih diterapkan di Indonesia mungkin bisa membuat sektor peternakan di Indonesia semakin maju dan berkembang. Bagi anda yang bergerak di sektor peternakan mungkin mengetahui beberapa jenis teknologi peternakan yang akan dijelaskan selanjutnya. Bagi anda yang penasaran apa saja teknologi terbaru dalam bidang peternakan ini, ada dapat menyimak penjelasan pada paragraf seanjutnya.

 

Tanpa basa basi lagi, berikut ini anda dapat menyimak beberapa teknologi terbaru dalam bidang peternakan beserta penjelasannya :

  • Inseminasi Buatan.

Inseminasi buatan ini juga sudah diterapkan di Indonesia namun hanya beberapa peternakan besar saja yang memahami teknologi ini. Inseminasi buatan sendiri adalah proses proses memasukan sperma hewan ternak jantan pada hewan ternak betina secara buatan. Dengan cara ini peternak dapat mengendalikan jumlah perkembangan ternaknya dengan mudah. Hal ini tentu juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan jumlah ternak yang ada.

  • Transfer Embrio.

Teknologi ini mirip dengan teknologi inseminasi buatan, namun teknologi ini memiliki beberapa kelebihan. Selain bisa digunakan untuk menyebarkan bibit sapi jantan yang berkualitas baik, teknologi ini bisa digunakan untuk memproduksi sapi betina yang memiliki reproduksi baik sehingga mampu meningkatkan produksinya.

Baca Juga Teknologi Pertanian Untuk Para Petani.

  • Hi Fer.

Hi fer ini adalah salah satu teknologi yang berfokus pada peningkatan kualitas pakan ternak sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ternak itu sendiri, dengan begitu waktu yang diperlukan untuk menghasilkan ternak siap jual akan menjadi lebih singkat dan hasilnya otomatis lebih banyak.

teknologi peternakan

Dari penjelasan mengenai teknologi peternakan terbaru di atas anda yang memahami sektor peternakan tentu sudah memiliki bayangan jika teknologi tersebut mampu diterapkan dengan merata di Indonesia. Sebagai negara dengan keayaan alam yang melimpah, jika didukung dengan teknologi yang mutakhir tentu Indonesia mampu meningkatkan produktivitasnya di berbagai bidang termasuk bidang peternakan ini. Tentu peran pemerintah sangat penting untuk mendorong penggunaan teknologi teknologi tersebut.

 

Hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat yang bergerak di sektor peternakan untuk mulai memahami perkembangan teknologi sepert yang sudah dipaparkan di atas. Sudah banyak contoh sukses penggunaan teknlogi tersebut terutama di negara negara maju. Negara maju yang memiliki sumber daya terbatas memang mau tidak amu harus menggunakan teknologi tersebut untuk bisa memaksimalkan produksi di sektor peternakan.

 

Salah satu contohnya adalah negara tetangga kita yang terkenal akan eksport daging sapinya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Negara tersebut adalah australia. Di negara tersebut sektor peternakan sudah mengadopsi berbagai teknologi terbaru sehingga produksi peternakannya sangat tinggi. Demikian penjelasan mengenai teknologi di bidang peternakan yang terbaru. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya.